TIPS MEMILIH JURUSAN DI PTN

Belajar Cerdik Butuh Taktik

Bijak Memilih, Kunci Rebut Bangku Kuliah

Tahun ini jalur masuk PTN terbagi menjadi tiga, SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri tiap PTN. SNMPTN yang hanya berdasar rapor dan ujian nasional, SBMPTN melalui ujian tulis, serta Ujian Mandiri yang sistemnya bergantung PTN terkait. Bagaimana menyikapi jalur yang tersedia agar mimpi jadi mahasiswa terwujud? Tentunya tak hanya pilih jalur yang tepat, tapi juga bijak memilih jurusan dan PTN. Apa saja yang harus dilakukan?

Kenali minat diri dalam bidang apa. Dengan mengetahui minat, akan mudah menspesifikkan program studi kelompok mana yang akan dipilih.

Paham akan minat diri juga harus diimbangi dengan paham akan potensi dan kapasitas diri, sejauh mana mampu bersaing dengan peminat-peminat lain dengan pilihan dan jalur yang sama. Potensi dan kapasitas diri dapat dilihat dari prestasi selama ini dan kemampuan mengerjakan soal, baik secara pribadi maupun dalam berbagai try out yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu.

Perhatikan PTN pilihan. Usahakan memilih PTN-PTN ternama karena menjadi mahasiswa tak hanya butuh ijazah saja nantinya tapi juga butuh kehidupan pergerakan dan spirit kemahasiswaan.

Konsultasikan dengan orang tua, kakak, kakak kelas, atau orang-orang yang punya pengalaman dalam seluk-beluk perkuliahan. Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan agar tidak terperosok pada pilihan yang kurang tepat. Bagaimana? Sudah mantap menentukan pilihan? (ber)

  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s