TIPS MENGHAFAL

Belajar Cerdik Butuh Taktik

Menghafal Ternyata Mudah!

Setiap ujian masuk perguruan tinggi akan mengujikan pelajaran-pelajaran yang membutuhkan hafalan. Sebut saja biologi, fisika, sejarah, geografi, bahkan bahasa Indonesia. Beberapa orang sangat suka menghafal, namun lainnya benci menghafal karena menguras energi. Bagaimana menyiasatinya ?

1. Catat dan catat!

Mencatat/mengetik kembali apa yang sudah dipelajari efektif untuk menancapkan materi tersebut di long term memory kita. Dengan banyak mencatat otomatis kita akan banyak membaca materi tersebut bukan?

2. Buat mind map

Mencatat saja belum cukup tanpa disertai ringkasan materi dalam bentuk mind map atau peta konsep. Buat mind map yang sistematis, menarik, dan berwarna agar otak kanan dan kiri kita bisa bekerja sama dalam mengingat dan memunculkan kembali saat dibutuhkan.

3. Ulangi membaca saat sebelum dan bangun tidur

Mengapa saat sebelum dan bangun tidur? Sebelum tidur otak kita sedang dalam gelombang alfa yang relaks dan baik untuk menanamkan hafalan. Hafalan itu akan terekam dan terbawa di alam bawah sadar kita ketika tidur sehingga kita akan tetap mengingatnya. Saat bangun, otak dalam keadaan fully charge sehingga siap untuk menerima input baru.

4. Pecahlah!

Pecah-pecahlah materi yang akan dihafal ke dalam partisi-partisi kecil. Menghafal 01125673891567 akan lebih mudah jika dipecah menjadi 011 256 7389 1567. Para peneliti menyebutkan bahwa short term memory manusia hanya mampu mengingat 5-9 karakter saja. Jadi, pecahlah materi tersebut menjadi bagian kecil

5. Nyanyikan!

Menyanyikan bahan hafalan dengan irama yang kita kenal cukup ampuh sebagai kiat menghafal. Coba saja!

6. Jembatan keledai

Bukan berarti jembatan untuk menjadi keledai (baca: bodoh), tapi jembatan ini adalah salah satu trik untuk menghubung-hubungkan materi hafalan baik dengan materi hafalan lain maupun dengan hal lain sehingga mengingatnya lebih mudah.

7. Jangan memaksa!

Terakhir, jangan memaksa untuk mengingat. Relaks dan bersantai saja, nanti juga bisa ingat kembali. (ber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s